Bahana Artha Ventura Memberikan Pembinaan dan Pendampingan Untuk Kemajuan UMKM Mitra Binaan

Malang, 20 Desember 2023 – PT Bahana Artha Ventura (BAV), salah satu anggota holding Indonesia Financial Group (IFG) dipercaya oleh 22 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyalurkan dana program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) BUMN sejak 2008.

Penyaluran dana tersebut dilakukan melalui Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) yang merupakan afiliasi BAV yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, total jumlah penyaluran program PUMK BUMN oleh BAV telah mencapai sebesar Rp 778 miliar kepada 6.790 UMKM Binaan, yang menyerap sekitar 20.370 tenaga kerja.

Penghargaan PMVD Terbaik 2023

Kerjasama ini merupakan bentuk kepercayaan dan dukungan dari perusahaan BUMN kepada BAV untuk bersama-sama mengembangkan UMKM di Indonesia yang terus ditingkatkan kualitas dan kapasitasnya.

Sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen, BAV memberikan pembinaan dan pendampingan kepada UMKM Binaan, dalam menghadapi tantangan di era digital yang penuh dinamika sehingga Mitra Binaan dapat menjadi UMKM yang tangguh. Untuk itu BAV menyelenggarakan pelatihan dan talkshow bertajuk “UMKM Tangguh Ekonomi Tumbuh” di HARRIS Hotel & Conventions, Malang, Jawa Timur, pada Rabu (20/12/23). 

Selain pelatihan dan talkshow, BAV juga menyelenggarakan pameran produk unggulan serta awarding ceremony kepada UMKM Binaan Ungggulan dan BUMN Pembina sebagai bentuk komitmen dan apresiasi BAV.

Penghargaan 25 Mitra Binaan Unggulan 2023

Agus menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan puncak acara dari program kurasi dan inkubasi yang telah dilakukan BAV dalam memilih UMKM Binaan unggulan sejak bulan Januari sampai dengan Juli 2023 berhasil menjaring 25 UMKM Binaan Unggulan dari 148 UMKM Binaan yang mendaftar mengikuti program ini.

BAV sebagai pionir perusahaan modal ventura dalam pendampingan pelaku UMKM turut mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan pemberdayaan UMKM sebagai pilar utama ekonomi Indonesia.  Program ini juga merupakan implementasi nyata dari komitmen kami dalam memajukan UMKM, terutama dengan memberikan akses permodalan, meningkatkan kualitas SDM, dan pengembangan kapasitas usaha. BAV akan terus berkontribusi dalam mendorong perkembangan UMKM di Indonesia melalui produk pembiayaan dan pendampingan yang dapat mendorong peningkatan kualitas UMKM untuk menjadi pelaku usaha yang sustainable dan profitable serta dapat dikembangkan (scale up).

0 Read More

31 Tahun Bahana Artha Ventura, tumbuh dan terus berkembang

Pada hari ini, 11 maret 2022, Bahana Ventura tepat 31 tahun sudah hadir, tumbuh dan terus berkembang untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.

Dukungan dan kepercayaan dari masyarakat, stakeholder, jaringan perusahaan modal ventura Daerah, membuat kami mampu untuk terus berkembang dan memberikan yang terbaik untuk negeri. Kepada seluruh pihak yang telah mendukung kami ucapkan Terima Kasih

0 Read More

Ramadan 1442 H

Segenap management dan karyawan PT. Bahana Artha Ventura mengucapkan :

Marhaban Ya Ramadan 1442 H

Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadan, semoga kita selalu mendapatkan kesehatan dan keberkahan yang melimpah dalam menjalankan ibadah di bulan yang suci ini.

Mohon maaf lahir dan batin

0 Read More

Webinar & Talkshow

Acara Webinar & Talkshow yang telah di selenggarakan oleh *Bahana Artha Ventura*.

Webinar UMKM HEBAT, INDONESIA KUAT

Dengan tujuan untuk mewujudkan UMKM menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan survive dalam kondisi pandemi seperti saat ini.
UMKM Hebat, Indonesia Kuat!

0 Read More

Pengumuman Tender No: 169/DEPUM/BPUI/IX/2020

PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero)
Graha CIMB Niaga, 18Th Floor, Jl. Jend. Sudirman, Kav 58 Jakarta 12190
Phone : (62-21) 2505080 website : www.bahana.co.id
Email : pengadaan@bahana.co.id
PENGUMUMAN TENDER No.: 169/DEPUM/BPUI/IX/2020
Panitia PengadaanBarang dan Jasa PT BPUI akan melaksanakan Tender pekerjaan Pengadaan Bersama Jasa Kantor Akuntan Publik (“KAP”) untukAudit Umum (General Audit) atas Laporan Keuangan Konsolidasi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (“PT BPUI”) dan Anak Perusahaan Persyaratan Peserta Tender:

1.   Menyampaikan data perusahaan, terdiri dari:
a.   Copy Akta Pendirian Perusahaan beserta perubahannya;
b.   Copy NPWP, Keterangan Domisili Perusahaan, SIUP dan/atau NIB yang masih berlaku; dan
c.   Surat Pernyataan Minat.
d.  Lebih detail lihat TOR/KAK (terlampir)

2.   Kepada Perusahaan yang berminat dapat mendaftarkan perusahaannya pada:
Hari/Tanggal    : Kamis sd Rabu, 24 – 30 September 2020
Waktu                : 09.00 sd 17.00 WIB
Tempat              : Graha CIMB Niaga, 18Th Floor, Jl. Jend. Sudirman,
Kav 58 Jakarta 12190

Untuk soft copy dikirimkan melalui email kepada: pengadaan@bahana.co.id

3.   Perusahaan/Peserta Tender diwajibkan menyerahkan Surat Kuasa dari Direktur/Pimpinan jika mewakili Direktur/Pimpinan Perusahaan dilengkapi dengan fotokopi KTP penerima dan pemberi Kuasa. 

Jakarta, 24 September 2020 

Panitia Pengadaan 

Silahkan klik link di bawah ini untuk mengunduh TOR Pengadaan:
https://www.bahanaventura.com/wp-content/uploads/2020/09/tor-pengadaan-bersama-kap-2020-pt-bpui-dan-anak-perusahaan.pdf

0 Read More

Bahana Artha Ventura salurkan pinjaman Program Kemitraan untuk menggenjot Mitra Binaan Naik Kelas

Denpasar, Bali — Bahana Artha Ventura (BAV), semakin gencar menjalin kerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk meningkatkan efektifitas penyaluran kredit Program Kemitraan (PK) demi mendorong Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) bisa naik kelas, tanpa meninggalkan prinsip kehati-hatian ditengah-tengah kondisi perekonomian yang masih penuh tekanan.

BAV anak perusahaan plat merah PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) telah menjalin kerjasama dengan 16 BUMN untuk menyalurkan Program Kemitraan guna menopang permodalan UMKM yang menjadi mitra binaannya. Pinjaman disalurkan ke berbagai sektor mulai dari pertanian, industri, peternakan, perdagangan hingga jasa. BAV menyalurkan pinjaman kemitraan melalui 17 Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD), dengan total outstanding melebihi Rp 500 miliar.

‘’Dengan jaringan PMVD yang sudah tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia dan mengedepankan prinsip penyaluran kredit yang penuh kehati-hatian sehingga tidak ada kredit yang bermasalah, kami pastikan kedepan masih akan ada tambahan BUMN yang bekerja sama dengan kami untuk membiayai UMKM,’’ ujar Direktur Utama BAV M. Sidik Heruwibowo.

Hingga akhir 2019, BAV memperkirakan total outstanding penyaluran kredit mencapai Rp 507 miliar, yang diberikan kepada hampir 5.000 mitra binaan di seluruh Indonesia. Tingkat non-performing loan (NPL) atau kredit bermasalah Program Kemitraan yang disalurkan melalui BAV cukup lancar tercermin pada tingkat NPL sebesar 0%. Pinjaman Program Kemitraan ini sangat membantu usaha kecil karena bunga yg rendah, yaitu 3% bahkan lebih rendah dari tingkat bunga acuan atau BI 7-days Repo Rate yang sebesar 5%.

Ditengah-tengah kondisi perekonomian domestik yang tertekan sebagai dampak dari ketidakpastian di pasar global, BAV menyadari permintaan kredit sepanjang tahun ini tidak sekencang tahun-tahun sebelumnya, dan bahkan ada beberapa mitra binaan yang mengalami tantangan dalam menjalankan usahanya namun dengan adanya pendampingan yang diberikan PMVD dan BAV mitra binaan tetap mampu menghadapi tantangan tersebut.

‘’Kedepan, dengan menggandeng BUMN kami ingin lebih besar lagi memberikan pembiayaan Program Kemitraan bagi mitraan binaan, sehingga UMKM Indonesia mampu naik kelas menjadi perusahaan go public yang mampu bersaing di pasar global,’’ papar Sidik. Di sinilah diperlukan pembinaan dan pendampingan yang intens, sehingga produk yang dihasilkan mitra binaan tidak hanya mampu menarik minat pembeli domestik, namun mampu menembus pasar global dalam era industri 4.0, yang berkembang pesat saat ini, tambahnya.

Demi meningkatkan ekspansi mitra binaannya sehingga dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan mampu melantai di bursa saham, BAV menjalin kerjasama dengan Kaya.id untuk membantu meningkatkan kualitas produk, kemasan serta memasarkannya. ”Satu hal yang perlu diingat, kemasan produk sebisa mungkin dibuat sederhana mungkin sesuai dengan perkembangan terkini sehingga lebih mudah dimengerti masyarakat, ” papar Direktur Utama Kaya.id Juanita Kartikasari saat seminar dan penghargaan terhadap UMKM bertema UMKM Naik Kelas, yang digelar oleh BAV di Bali (12/12/2019) .

BAV juga menggandeng LinkAja untuk mempermudah sistem pembayaran sehingga bisa mendorong transaksi secara online, serta melibatkan Majoo dan USSI Itqan Tekno Solusi demi mendorong sistem teknologi pemasaran. “Melalui sinergi ini kami ingin mewujudkan UMKM menjadi pilar ekonomi Indonesia,” ujar Sidik.

0 Read More

BAV dipercaya salurkan dana Program Kemitraan PT Hotel Indonesia Natour (Persero)

Jakarta – Hari ini, Senin Tgl. 4 November 2019, PT Bahana Artha Ventura (BAV) menandatangan kerjasama penyaluran  Program Kemitraan bersama dengan PT Hotel Indonesia Natour (Persero) yakni Badan Usaha Milik Negara  bergerak di bidang perhotelan yang mengelola 14 unit hotel dan resort di Bali, Jawa, dan Sumatra.  Dana  Program Kemitraan sebesar Rp. 650 juta ini akan disalurkan melalui PT. Sarana Yogyakarta Ventura yang salah satu Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD)  sebagai jaringan BAV.

BAV sampai dengan bulan Oktober 2019 telah menyalurkan dana Program Kemitraan milik BUMN mencapai sebesar Rp 500 miliar. Anak usaha PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) ini telah menjalin kerjasama penyaluran Program Kemitraan  dengan 17  BUMN  yaitu PT Angkasa Pura II, PT Perusahaan Pengelola Aset, PT Waskita Karya, PT Hotel Indonesia Natour , PT AirNav, PT Pelindo 2, PT Pelindo 3, Perum Perumnas, Perum Peruri, PT ASDP, PT Indonesia Rei, Biofarma, Jasa raharja, LPEI, BPUI jamsostek serta SMF untuk menyalurkan dana Program Kemitraan ini.

0 Read More
In Uncategorized
Posted

Pengumuman Lelang Pengadaan Barang dan Jasa

PT Bahana Artha Ventura (BAV) sebagai penyalur dana Program Kemitraan (PK) BUMN memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan pembinaan dan pelatihan bagi UKM Mitra Binaan yang mendapatkan dana PK agar dapat meningkatkan kemampuan usaha kecil menjadi tangguh dan mandiri.

Bersama ini disampaikan PT BAV akan melaksanakan lelang untuk paket kegiatan pekerjaan pengadaan barang dan jasa lainnya.

Untuk detail kegiatan dan persyaratan dapat dilihat pada tautan dibawah ini.

https://drive.google.com/file/d/1iTfL5VDcZ5GiaRsFkMvFcPmhx79lWCp1/view?usp=sharing

0 Read More

11 BUMN salurkan dana Program Kemitraan melalui PT Bahana Artha Ventura

Jakarta – Hari ini (Selasa, 13/08/2019), PT Bahana Artha Ventura (BAV) kembali menandatangani kerja sama penyaluran dana Program Kemitraan dengan Perum Perumnas yakni Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang perumahan dan permukiman senilai Rp 2 miliar. Sehingga total plafond dana Program Kemitraan yang disalurkan oleh anak usaha Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) ini telah mencapai Rp 450 miliar per Juni 2019.

Dengan semakin kuatnya semangat sinergi BUMN, BAV telah menjalin kerjasama dengan 12 BUMN yaitu ; Angkasa Pura II, PPA, BPUI, Waskita, HIN, AirNav, Pelindo 2, Perumnas, Peruri, Asdp serta Indonesia Rei untuk menyalurkan dana Program Kemitraan ini. Dengan sinergi tersebut BAV hingga Agustus telah menyalurkan pendanaan sekitar Rp 15 miliar. Melihat pencapaian tersebut, BAV meyakini target penyaluran dana sekitar Rp 150 miliar melalui Program Kemitraan akan tercapai pada akhir tahun 2019 ini.

0 Read More
page 1 of 2

Start typing and press Enter to search