Profil BAV


 

Logo BAV copy

 
Komposisi

PT. Bahana Artha Ventura (BAV) didirikan pada tahun 1993 dan merupakan anak Perusahaan Perseroan (Persero) PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia  (PT BPUI) sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negera (BUMN) yang didirikan pada 17 April 1973, dimana 100% sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Departemen Keuangan. Sejak awal pendiriannya BAHANA telah menjalankan misi dalam mengembangkan sektor riil melalui pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan skema pembiayaan Venture Capital serta pendampingan manajemen melalui praktek bisnis yang sehat dan Good Corporate Governance. Dalam struktur kepemilikan saham di BAV terdiri atas PT BPUI sebesar 64.20%, Koperasi Karyawan PT BPUI sebesar 0.80% dan PT. Bank Rakyat Indonesia TBK sebesar 35%.

BAV merupakan pionir dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang mempunyai jaringan yang luas terdiri dari 27 Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) yang merupakan afiliasi BAV, dari Aceh hingga Papua dengan didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, loyal dan berpengalaman dan sistem administrasi dan finansial yang terintegrasi dan komprehensif.

BAV fokus kepada UMKM yang feasible secara usaha (bisnis) walaupun belum bankable menurut perbankan. Saat ini BAV telah membiayai  ± 54 ribu mitra UMKM dengan kumulatif pembiayaan hampir Rp 9 triliun yang sekaligus membuka lapangan kerja sekitar 2,1 juta orang. 
 

Sejak pendiriannya, BAV dan affiliasinya (PMVD), terus menjadi yang terdepan dalam usaha percepatan menumbuhkembangkan UMKM melalui venture capital dan produk lain sesuai dengan development financing serta melalui program program training dan workshop untuk meningkatkan kinerja mitra usaha. 

Dalam beberapa tahun BAV telah berhasil mempercepat perkembangan UMKM di Indonesia melalui PMVD BAV berhasil menggali potensi daerah untuk dikembangkan melalui berbagai program pembiayaan, dampingan manajemen dan dukungan pemasaran. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya yang berkomitmen untuk mengembangkan sektor UMKM.

Copyright @ 2016 PT. BAV, All Rights Reserved