Zahir – Software Akuntansi

Zahir

Profil Kisah Sukses

Fadil Fuad Basymeleh

Zahir – Software Akuntansi

PMVD: PT Sarana Jabar Ventura

“Kegagalan yang dialami, tidak menyurutkan Fadli muda untuk mencari peluang bisnis yang baru disaat krisis moneter melanda Indonesia. Dimulai dari keisengan dan keuletan, berbuah keberhasilan"  

zahir2

Bisnis sudah menjadi bagian hidup bagi Fadil muda sejak kuliah di ITB pada 1991. Awalnya dia terjun ke bisnis setting and lay out. Fadil terpaksa berhenti kuliah pada 1996 agar lebih fokus menjalankan bisnisnya. Keputusan tersebut diambil setelah dia menerima pembiayaan sebesar Rp 50 juta dari PT. Sarana Jabar Ventura (Jabar Ventura). Pada tahun 1997 Fadil kembali mendapatkan fasilitas pembiayaan dari Jabar Ventura sebesar Rp 600 juta untuk membeli mesin cetak. Namun tidak berapa lama bisnisnya terhempas akibat krisis ekonomi yang melanda Indonesia.

 

Kegagalan itu tidak lantas membuat Fadil putus asa. Fadil pun kembali berjuang membentuk usaha baru. Pada saat itu, Fadil mencoba membuat software akuntansi yang bisa membantu mengambil keputusan bisnis dalam waktu cepat. Peranti lunak itu dijual kepada orang lain dan ternyata disukai. Sejak itulah Fadil Fuad Basymeleh yang baru berusia 26 tahun beralih ke bisnis software house dengan nama Zahir.

 

Untuk memenangkan persaingan pasar, Zahir terus berinovasi. Produknya terus dikembangkan dengan layanan yang juga terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Pada tahun 2000, kantor Zahir berpindah dari Bandung ke Jakarta, seiring meningkatnya bisnis penjualan software akuntansi ini. Untuk lebih mendukung aktivitas bisnisnya, pada tahun 2002 Fadil mendirikan PT. Zahir Internasional.

 

Saat ini, Fadil telah berhasil memasarkan software Zahir ke lebih dari 5000 perusahaan. Jelas ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa. Fadil bermimpi akan mengikuti langkah Apple Computer dalam mengembangkan bisnis software-nya. Dia ingin Zahir bisa menguasai segmen pasar tertentu dengan volume penjualan yang besar serta memiliki klien yang loyal. Selama ini Zahir bermain di pasar perusahaan kecil menengah, tidak untuk korporasi besar. Zahir memang masih diperuntukkan hanya untuk UKM pada saat ini. Namun bukan mustahil jika suatu saat nanti Zahir akan masuk ke pasar yang lebih luas dengan cakupan yang lebih besar. 

Copyright @ 2016 PT. BAV, All Rights Reserved